Jumat, 12 Desember 2014

Resep Susu Jagung Manis dan Sehat

Resep Cara Membuat Susu Jagung Manis Yang Menyehatkan. Setelah Bakwan Jagung, kini hadir minuman yang kaya akan protein dan karbohidrat, yakni susu jagung. Karena itu ada baiknya apabila kalian mencoba mengkonsumsi jagung tentunya dengan cara pembuatannya yang bervariasi, ditambah dengan susu yang enak dan nikmat hmmm yummy.. ^_^ . Jagung  yang digunakan adalah jenis jagung manis. Dan langsung saja yuk kita bikin susu jagung..


Resep Susu Jagung Manis dan Sehat
Ilustrasi Gambar Susu Jagung Minuman Menyehatkan


Sebelumnya saya ingin mengajak anda semua bernuansa ke masa lalu mengenai sejarah masa lalu susu di Indonesia. Seperti apa sih arus perputarannya dahulu?



Sejarah Asal Mula Usul Susu Di Indonesia

Pada tahun 1906, Pemerintah Hindia Belanda yang saat itu masih menjajah di Indonesia menganjurkan bawahannya untuk mendatangkan beberapa jenis sapi pedagang. Sapi-sapi tersebut didatangkan dan diletakkan ke daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kemudian, pemerintah Hindia Belanda menetapkan Sumba sebagai pusat pengembangbiakan ternak sapi jenis O ngole (India).

Berawal dari tahun ini lah, sapi perah sudah mulai masuk ke Hindia Belanda. Namun faktanya, ada yang mengatakan di akhir abad ke 19, wilayah Bandung juga terkenal sebagai penghasil susu sapi berkualitas tinggi di seluruh Nusantara.

Pada awal abad ke 10, Restorasi kereta pos yang melewati jalur Cirebon - Bandung - Bogor - Batavia selalu menghidangkan susu sapi segar kepada para penumpangnya. Kebetulan susu sapi tersebut sangat cocok sebagai pelepas dahaga dan obat lapar selama perjalanan.

Tetapi berdasarkan catatan Heer Medici pada tahun 1786, Rombongan berkuda dari Batavia yang sedang melancong ke 'Negorij Bandoeng' sudah mencicipi susu segar Bandung ketika rombongan tersebut sudah sampai di Cianjur. Menurut catatan sejarah, pada tahun 1938 di wilayah Bandung terdapat 22 jenis usaha pemerahan susu dengan total produksi 13.000 liter/susu setiap harinya.

Semua hasil produksi susu ini ditampung oleh "Bandoengsche Melk Centrale" untuk diolah sebelum didistribusikan kepada para langganag yang berada didalam kota maupun di luar kota Bandung.


Sejarah Asal Mula Usul Susu Di Indonesia
Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Mula Usul Susu Di Indonesia


Direktur B.M.C dengan nada sedikit sombong menulis: ‘Vergeet U niet, dat er in geheel Nederlandsch Oost-Indië slechts een Melk centrale is, en dat is de Bandoengsche Melkcentrale’ (Anda jangan lupa, bahwa di seantero Nusantara ini cuma ada satu Pusat Pengolahan Susu dan itu adalah Bandoengsche Melk Centrale).

Dari sejarah persusuan di Indonesia, di wilayah Bandung ada 3 perusahaan pemerahan susu (Boerderij) yang terkemuka. Perusahaan inilah yang merupakan cikal bakal usaha peternakan sapi perah dari jenis sapi unggul yang didatangkan dari Friesland, salah satu propinsi di Belanda.

Model peternakan sapi perah yang terkenal adalah perusahaan ‘Generaal de Wet Hoeve’ milik Tuan Hirschland dan Van Zijll di Cisarua, kabupaten Bandung. Perusahaan inilah yang menjadi pertama kalinya mendatangkan sapi perah Friesland ke Nusantara pada awal abad ke-20.

Kemudian tercatat pula Lembangsche Melkerij ‘Ursone’, sebuah perusahaan pemerahan susu di Lembang yang didirikan oleh tiga diantara empat bersaudara Ursone pada tahun 1895. Keluarga Ursone yang berkebangsaan Italia ini terkenal sebagai pemain musik gesek ulung di kota Bandung.

Usaha keluarga Ursone diawali dengan 30 ekor sapi dengan hasil hanya 100 botol per hari. Kemudian pada tahun 1940 telah berkembang menjadi 250 ekor sapi dengan produksi ribuan liter susu perhari.

Selain kedua perusahaan ini, di Pangalengan, sekitar danau Cileunca, ratusan ekor sapi perah diternakkan orang Eropa di sana. Begitu banyaknya sapi perah bibit luar negeri di lembah danau Cileunca, hingga majalah Mooi Bandoeng sering menyebut wilayah di Pangalengan sebagai ‘Friesland in Indië (Friesland di Hindia)’.

Selain minuman dengan bahan baku susu seperti es krim, susu coklat (chocomilk), B.M.C mengolah susu menjadi mentega, keju dan cream untuk kosmetika. Hampir seluruh produksi susu di Jawa Barat tertampung oleh B.M.C pada jaman sebelum perang.



Bahan yang diperlukan untuk membuat Resep Susu Jagung Enak dan Nikmat :

  • 150 gram gula
  • 100 gram jagung manis pipilan

  • 750 ml susu cair

  • ½ sdt garam
  • 10 cm kayu manis


      Cara membuat Resep Susu Jagung Minuman Sehat :

      1. Langkah pertama siapkan blender lalu masukkan jagung manis dengan 500 ml susu. Kemudian blender sampai halus.
      2. Setelah itu masukkan adonan jagung, gula, garam dan kayu manis ke dalam panci, masak hingga mendidih sambil terus diaduk. 
      3. Kecilkan api dan lanjutkan memasak aduk perlahan hingga agak mengental kurang lebih selama 15 menit. Selanjutnya angkat, sisihkan kayu manisnya Resep Susu Jagung Manis dan Sehat
      4. Siap disajikan selagi panas atau hangat. 

      Susu Jagung siap dinimati. Dan pastinya enak,segar dan menyehatkan yaa.. Selamat Mencoba :-)



      Manfaat Dan Fungsi Jagung Pada Kesehatan Tubuh


      Manfaat Dan Fungsi Jagung Pada Kesehatan Tubuh
      Ilustrasi Gambar Manfaat Dan Fungsi Jagung Pada Kesehatan Tubuh

      • Membantu mengontrol diabetes
        Pernah dengar gula jagung? Pasti pernah lihat atau mendengarnya di iklan tv dong. Ya, untuk orang terkena diabetes wajib memakan jagung ini. Karena kandungan didalamnya mampu menurunkan resiko diabetes.
      • Menyehatkan ibu hamil
        Untuk bunda yang sedang hamil, jangan lupa rajin-rajin mengonsumsi jagung. Karena nutrisi asam folat yang terkandung didalamnya baik bagi kesehatan dan menurunkan resiko bayi lahir cacat.
      • Kaya vitamin dan kalori
        Vitamin yang ada dalam jagung adalah vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan syaraf.
      • Menyehatkan kulit
        Jagung juga berguna dalam dunia kosmestik dan kecantikan lho. Karena secara alami, dapat menyehatkan kulit kita. Oleh karena itu, sering-sering memakan jagung ya :-).
      • Mencegah anemia
        Zat besi, asam folat dan vitamin B12 sangat membantu tubuh kita terhindar dari penyakit anemia. Tak heran jika orang yang rajin mengonsumsi jagung tidak pernah terkena anemia.


      Resep Terkait Mengenai Resep Minuman Sehat Susu Jagung Manis


      Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Susu Jagung Manis, Enak dan Segar

      Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Susu Jagung Mudah dan Praktis disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

      Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
      Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Susu Jagung Manis dan Sehat
      Gambar : dailycookingquest.com || Resep : femina.co.id

      0 komentar:

      Posting Komentar