Minggu, 14 Desember 2014

Resep Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel)

Cara Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal Yang Lembut. Bagi kalian yang merayakan hari raya natal pastinya tak asing bukan dengan kue ini? Karena kue ini banyak di jumpai saat perayaan natal tiba sebagai suguhan yang istimewa.

Kue tart klasik ini bentuknya mirip batang pohon atau disebut Yule Log Cake. Kue ini biasanya terbuat dari adonan dasar kue bolu dan selai buah. Bagian luarnya berlapis krim cokelat yang diukir menyerupai guratan-guratan kayu. Dan bila dipotong akan membentuk gulungan seperti kue Bolu Gulung


 Resep Kue Batang Pohon Khas Natal
Ilustrasi Gambar Kue Batang Pohon Khas Natal


Pada saat perayaan natal nanti, pasti anda akan menemukan cake klasik ini yang biasa disebut Yule log atau dalam bahasa Prancis disebut Buche de Noel. Cake ini mempunyai tekstur yang sangat lembut serta manisnya coklat yang dipadu begitu sangat menggoyang lidah. Cake asal perancis ini bisa dikategorikan unik karena bentuknya menyerupai batang kayu. 



Sejarah Asal Usul Mula Kue Batang Pohon (Buche De Noel)

Yule log adalam bahasa Prancis disebut Buche de Noel adalah salah satu cake tradisional yang berasal dari negara Perancis. Cake yang bentuknya menyerupai batang pohon ini selalu absen pada perayaan natal. Tak hanya hadir di perancis, kini cake tersebut sudah merajalela di negara asing lainnya, termasuk Indonesia sendiri.

Yule log atau Buche de Noel sebenarnya adalah bolu gulung yang dibentuk menyerupai batang pohon. Untuk membuat cakenya sendiri harus dilakukan sebelum hari natal tiba. Di negara asalnya, perancis, cake Yule Log menjadi agenda tersendiri untuk hadir di perayaan tersebut. Kenapa cake ini harus berbentuk batang kayu yah?


 Sejarah Asal Usul Mula Kue Batang Pohon Natal
 Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Usul Mula Kue Batang Pohon Natal


Konon Yule log atau Buche de Noel merupakan batang pohon yang utuh, yang kemudian dipilih serta ditebang dan dibawa masuk ke rumah untuk upacara besar. Ujung batang pohon tersebut seperti biasa akan diletakkan di perapian. Sedangkan untuk sisa batang pohonnya dijadikan pohon natal. Batang kayu ini dibakar bersama dengan sisa-sisa Yule log tahun lalu selama 12 hari.

Orang-orang perancis menyakini, dengan menyimpannya sisa-sisa yule log di rumah sepanjang tahun ke tahun, akan mendatangkan perlindungan dari api atau musibah kebakaran yang terjadi di rumah. Dengan kata lain, menyajikan Yule log atau Buche de Noel sebagai hidangan natal, disebut-sebut akan melindungi keselamatan rumah dan keluarga. Wah, ada-ada saja ya tradisinya :-).

Cake Yule Log ini biasanya dihiasi dengan adonan krim mentega. Tujuannya agar menyerupai salju, cabang-cabang pohon, buah segar, dan jamur yang terbuat dari meringue.

Tradisi kue yule log sudah ada sejak abad ke-12 di Prancis. Kue ini menggambarkan kebiasaan masyarakat setempat menebang pohon yule: bagian atasnya dijadikan pohon Natal, batang bawahnya untuk kayu perapian. Nah sudah cukup jelas toh mengenai kue ini? kalau gitu ayo kita buat Kue Batang Pohon ini sendiri, simak resepnya cekidot..


Bahan yang diperlukan untuk membuat Resep Kue Batang Pohon Khas Natal Enak dan Lembut :

Bahan Cake :
    • 90 gram tepung terigu protein sedang 
      • 1/2 sendok teh baking powder 
        • 120 gram margarin, dilelehkan
        • 1/2 sendok teh cokelat pasta 
        • 9 butir telur 
          • 1 1/2 sendok teh sp 
            • 225 gram gula pasir 
              • 45 gram cokelat bubuk 

                Bahan Buttercream (aduk Rata):
                  • 150 gram susu kental manis putih 
                    • 150 gram mentega putih, dikocok

                      Bahan Topping :
                      • 350 gram dark cokelat, dilelehkan

                      Hiasan :
                        • 1 sendok makan tepung gula 
                          • 30 gram plastik icing, buat bentuk jamur

                            Cara pembuatan Kue Batang Pohon Khas Natal :


                            1. Langkah pertama membuat cake: kocok telur, gula dan 1 1/2 sendok teh sp sampai mengembang dan halus. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk sampai rataResep Kue Batang Pohon Khas Natal
                            2. Masukkan margarin dan cokelat pasta sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Tuang adonan ke dalam 3 loyang ukuran 24 x 24 x 3 cm yang dioles margarin dan dialasi kertas roti.
                            3. Kemudian masukkan ke dalam Oven kurang lebih 25 menit dengan suhu 190 derajat Celcius.
                            4. Setelah itu keluarkan dari oven. Biarkan sebentar. Ambil selembar kue. Olesi kue dengan butter cream. Gulung dan padatkan.
                            5. Siram bolu gulung dengan cokelat yang sudah dilelehkan. Biarkan beku.
                            6. Hias dengan jamur-jamur dan taburkan tepung gula di atasnya. Bisa juga menambahkan topping sesuai selera. Sajikan.

                            Untuk 3 gulung

                            Oke kue Batang Pohon sudah jadi, siap untuk dinikmati ^_^ sajikan dengan minuman hangat seperti teh atau kopi. selamat mencoba. Happy baking..

                            Tips Membuat Cake Batang Pohon Buche De Noel

                            1. Letakkan kue ke dalam 3 buah kotak untuk kemasan masing-masing kue.
                            2. Agar seperti bentuk batang kayu, buat guratan di lapisan permukaa coklat. Tapi tentunya harus dilakukan setelah cake batang pohon ini mendingin.

                            Manfaat Dan Fungsi Coklat Untuk Kesehatan

                            Pada Cake Yule log yang saya bahas tadi, ternyata mengandung bahan full coklat. Manfaat coklat? banyak lho! yuk baca manfaat coklat dibawah ini.


                            Manfaat Dan Fungsi Coklat
                            Ilustrasi Gambar Manfaat Dan Fungsi Coklat

                            • Mengurangi resiko kanker
                              Kakao atau yang saat ini kita kenal sebagai coklat mengandung antioksidan baik yang dapat menghentikan pertumbuhan kanker. Dengan menyebabkan protein yang ada dalam tubuh, juga dapat menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor.
                            • Baik untuk kesehatan otak
                              Percaya tidak coklat dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak? Buktinya, coklat yang masuk ke dalam asupan tubuh kita, dapat membuat syaraf-syaraf kita rileks, dan alhasil, dapat membantu sistem kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Tentunya dapat menyebabkan rasa senang ketika memakannya. Sepertinya harus sedia coklat ya teman :D.
                            • Meningkatkan produksi insulin alami
                              Hal ini juga dapat membantu menurunkan resiko diabetes. Karena dengan mengonsumsi coklat, dapat membantu memproduksi insulin secara alami.
                            • Meningkatkan kesehatan mata
                              Untuk kalian yang matanya sedang terganggu, coba deh mulai memakan coklat hari ini. Why? Ketika coklat berubah menjadi asupan yang menyatu dengan darah, aliran darah tersebut akan menuju ke retina dapat meningkat dengan baik dan membantu memperbaiki penglihatan serta kekuatan mata kita.
                            • Kandungan lemak rendah
                              Tak ada salahnya jika kita mengonsumsi coklat setiap hari. Selain banyak manfaatnya, coklat yang mengandung bahan cocoa powder ini mempunyai kadar lemak yang rendah. Jadi tak perlu takut gemuk ya ladies:-)


                            Resep Terkait Mengenai Resep Kue Batang Pohon Spesial Khas Natal


                            Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal Enak
                            Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Kue Batang Pohon Khas Natal Manis dan Lembut disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

                            Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
                            Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Kue Batang Pohon Khas Natal
                            Gambar : utry.it, onequalitythefinest.com, caseyberglund.com || Resep: sajiansedap.com

                            0 komentar:

                            Posting Komentar