Rabu, 10 Desember 2014

Resep Bola - Bola Tuna Isi Keju Enak dan Sehat

Cara Membuat Bola - Bola Tuna Isi Keju Enak dan Bergizi - Terkadang kita bingung ya bagaimana cara untuk membuat cemilan sehat tapi mengenyangkan. Sekarang tidak perlu lagi, saya punya solusi yang tepat untuk menghadapi masalah tersebut. Mau tahu resep yang kali ini saya bagikan? Yuk simak resep berikut ini.


Resep Bola - Bola Tuna Isi Keju Enak dan Sehat
Ilustrasi Gambar Cemilan Sehat Bola - Bola Tuna Isi Keju

Asal Usul Ikan Tuna

Ikan tuna adalah ikan laut pelagik yang masih tergolong bangsa Thunnini. Bangsa Thunnini terdiri dari beberapa spesies dari famili skombride, terutama jenis genus Thunnus. Ikan ini termasuk kategori perenang yang andal. Pernah diukur kecepatan berenangnya mencapai 77km/jam.


Asal Usul Ikan Tuna
 Ilustrasi Gambar Asal Usul Ikan Tuna


Tahukah kalian, ikan tuna berbeda dengan ikan kebanyakkan. Ikan tuna mempunyai warna daging merah muda sampai merah tua. Sedangkan ikan yang lain umumnya berwarna putih. Hal ini disebabkan karena myoglobin yang terdapat pada otot tuna lebih banyak dibanding ikan yan lain.
 
Selain itu, beberspa spesies tuna yang lebih besar seperti ikan tuna sirip biru atlantik, dengan aktivitas ototnya dapat dengan mudah menaikkan suhu darahnya di atas suhu air. Mereka yang hidup di air yang lebih dingin biasanya dapat bertahan dalam kondisi yang berbeda-beda. Kebanyakan ikan tuna mempunyai ukuran tubuh yang besar. Sehingga tuna mempunyai nilai komersial tersendiri yang tinggi.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Cemilan Sehat Bola - Bola Tuna Isi Keju Lezat

  • 1/2 bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 100 gram ikan tuna, rebus
  • 1 sdm tepung terigu
  • Keju yang mudah meleleh (potong dadu)
  • 50 gram macaroni
  • 1 sdm unsalted butter
  • 100 ml yogurt plain
  • 1 sdm minyak sayur
  • 25 gram keju parut
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

Bahan Lapisan Luar
  • 1 butir telur (kocok)
  • 50 gram tepung roti

Cara membuat Cemilan Sehat Bola - Bola Tuna Isi Keju Enak

    Cara Membuat Cemilan Sehat Bola-Bola Tuna Isi Keju
     Ilustrasi Gambar Cara Membuat Cemilan Sehat Bola-Bola Tuna Isi Keju
     
    1. Pertama, rebus macaroni terlebih dahulu dengan 1 sdm minyak sayur sampai lunak. Kemudian sisihkan.
    2. Lelehkan unsalted butter. Lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. masukkan macaroni, yogurt, tepung terigu, keju parut, garam dan merica bubuk, aduk rata sampai matang dan berubah warna. Angkat.
    3. Ikan tuna disuwir terlebih dahulu, lalu campurkan dengan adonan macaroni hingga rata. Ambil 1 sdm adonan dan letakkan potongan keju di tengahnya. Kemudian buat bentuk bola dengan menggunakan tangan atau boleh dengan bantuan lembaran plastik.
    4. Celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, lalu gulingkan ke atas tepung roti.
    5. Panaskan minyak, goreng bola - bola tuna dengan rendaman minyak hingga berwarna kuning keemasan.
    Jeng......Jeng...... Jadi deh cemilan sehatnya. Sajikan dengan mayonnaise yaa :D

    Catatan:
    Unsalted butter adalah butter tanpa lemak.


    Manfaat Dan Fungsi Ikan Tuna Untuk Kesehatan

    Rugi sekali lho jika kita tidak memakan ikan tuna. Karena banyak manfaat serta omega 3 nya tinggi, tentunya bisa menigkatkan kemampuan kerja otak dan cocok untuk perkembangan anak-anak sejak dini. Mau tahu manfaat yang lainnya, yuk simak berikut ini.


    Manfaat Dan Fungsi Ikan Tuna Untuk Kesehatan
    Ilustrasi Gambar Manfaat Dan Fungsi Ikan Tuna Untuk Kesehatan

    • Mencegah kanker
      Penelitian menunjukkan bahwa tuna bermanfaat untuk mencegah kanker seperti kanker ovari, kanker pankreas, dan jenis kanker lain yang menyerang saluran pencernaan (kanker perut, usus, mulut, esophagus, dan faring). Kandungan omega 3 nya yang tinggi berguna untuk menurunkan resiko terkena leukimia dan mencegah terjadinya kanker payudara.
    • Meningkatkan kesehatan jantung
      Manfaat omega 3 selain untuk mencegah kanker, omega 3 juga berperan dalam menjaga fungsi jantung. Omega 3 meningkatkan rasio konsentrasi HDL atau kolestral baik dalam tubuh kita, menjaga ritme detak jantung, dan mencegah terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah.
    • Membantu proses detoksifikasi
      Kandungan selenium dan omega 3 merupakan jenis bahan bakar yang sangat penting untuk produksi gluthathione peroxidase (jenis antioksidan). Antioksidan sendiri mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan hati. Selenium juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.
    • Meningkatkan hormon insulin
      Untuk yang menderita diabetes type 2, sangat disarankan memakan ikan tuna ini ya. Karena kandungan omega 3 ini lah yang meningkatkan respon hormon insuli serta menghindari anda dari kegemukkan. EPA atau biasa yang kita kenal dengan sebutanAsam lemak omega 3 inilah yang membantu anda meregulasi berat badan serta metabolisme tubuh dengan mensekresi hormon leptin.
    • Meningkatkan fungsi kognitif otak
      Lagi-lagi omega 3 yang mempunyai peranan dalam membantu meningkatkan fungsi mengingat (fungsi kognitif) pada otak. Pada saat anak bertumbuh kembang, disarankan banyak memakan kandungan omega 3 karena akan menghindarkan kita dari penyakit degenerasi fungsi otak seperti Alzheimer. Omega 3 juga membantu memperlancar penyuplaian darah ke otak. Selain itu berfungsi untuk menurunkan resiko inflamasi, memperantarai signal agar dapat diterima oleh otak. Pada orang yang menderita alzheimer, hal ini akan mengalami gangguan dalam hal penyampaian signal atau implus ke otak.

    Resep Terkait Mengenai Bola-Bola Tuna Isi Keju


    Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Cemilan Mudah Bola - Bola Isi Keju Yang Gurih
    Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Cemilan Mudah dan Sehat Bola - Bola Isi Keju disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

    Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
    Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Bola-Bola Tuna Isi Keju Enak dan Sehat
    Gambar : taste.com.a, theheritagecook.com, justbento.com || Resep: vemale

    0 komentar:

    Posting Komentar