Jumat, 12 Desember 2014

Resep Takoyaki Kacang Enak dan Mudah

Cara Membuat Resep Takoyaki Kacang Enak dan Mudah - Sudah pernah mendengar nama takoyaki? Biasanya jika kita mendengar nama takoyaki ini pasti pikiran kita makanan ini berasal dari negeri sakura, Jepang. Yaph, kamu benar :D, makanan ini termasuk paling populer di Jepang lho.

Sekarang ini takoyaki sudah beredar di kalangan masyarakat dan biasa di jumpai di mal-mal. Ada yang rasanya manis, tapi ada yang juga rasanya gurih. Kali ini Resepkuekeringku.com akan membahas tentang Resep Takoyaki manis sederhana yang bisa kalian buat di rumah.


Resep Takoyaki Kacang Enak dan Mudah
Ilustrasi Gambar Takoyaki Kacang Mudah dan Praktis



Sejarah Asal Usul Mula Takoyaki Makanan Jepang

Takoyaki nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan.

Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang.

Di zaman Taisho sudah dijumpai kios pasar kaget yang menjual Choboyaki berupa goreng tepung terigu dengan isi konnyaku yang merupakan cikal bakal takoyaki. Choboyaki berkembang menjadi Rajioyaki yang berisi urat sapi dan bagian daging murah yang lain. Penganan disebut "rajioyaki" karena bentuknya yang bulat-bulat seperti tombol radio transistor pada waktu itu.

Pada tahun 1933, kios takoyaki bernama Aizuya menjual Nikuyaki yang merupakan variasi rajioyaki yang diisi dengan daging sapi. Pada tahun 1935, kios Aizuya yang mengambil ide dari Akashiyaki mulai mengisikan gurita dan telur ke dalam rajioyaki dan menyebutnya sebagai takoyaki.


Sejarah Asal Usul Mula Takoyaki Jepang
 Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Usul Mula Takoyaki Jepang

Di sekitar tahun 1965-an, kios pasar kaget yang menjual takoyaki mulai bermunculan di daerah Kanto. Di pertengahan dekade 1990-an, Tokyo mengalami demam takoyaki yang dimulai oleh kios takoyaki bernama Kyōtako di daerah Shibuya.

Di daerah Kyushu, perusahaan bernama Hatchandō menjual takoyaki secara keliling tapi sekarang berubah menjadi perusahaan penjual takoyaki sebagai makanan beku.

Sekitar tahun 2000, kios bernama Gindako yang berasal dari kawasan pasar Tsukiji, Tokyo sukses dengan sejumlah toko cabang yang dibuka di seluruh Jepang hingga bisa membuat makanan ringan dengan rasa takoyaki (Sumber : wikipedia).


Namun sekarang kue ini sudah dimodifikasi tidak harus menggunakan isian gurita di dalamnya melainkan keju dan meises. Anda tentunya sudah bisa membayangkan bagaimana rasa kue ini, Oleh karena itu anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Yuk kita bikin Takoyaki, simak resepnya..

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Takoyaki Kacang Enak dan Gurih :

Bahan Kulit:
    • 1/2 sendok teh baking powder 
      • 400 ml susu cair 
        • 1 butir telur 
        • 1 kuning telur 
        • 150 gram tepung terigu protein sedang 
          • 75 gram kacang tanah bubuk 
            • 1 sendok makan gula pasir 
              • 1/2 sendok teh garam 


                Bahan Isi :

                  • 50 gram meises cokelat 
                    • 50 gram keju cheddar, dipotong kotak

                      Cara membuat Resep Takoyaki Kacang Enak dan Sederhana :

                        Resep Cara Membuat Takoyaki Manis Yang Enak
                         Ilustrasi Gambar Cara Membuat Takoyaki Manis Yang Enak

                        1. Untuk membuat Bahan Kulit : campur tepung terigu, kacang tanah, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk sampai rata. 
                        2. Tuangkan susu cair dan telur sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga licin Resep Takoyaki Kacang Enak dan Mudah
                        3. Kemudian tuang adonan ke cetakan poffertjes yang sudah dipanaskan dan dioles margarin. Biarkan setengah matang. Lalu beri isi keju dan meises.Jangan lupa di balik. Bentuk bola-bola. Biarkan sampai matang.
                        4. Setelah matang angkat dari cetakan. Sajikan.

                        Untuk 22 buah

                        Sangat mudah bukan?, Anda bisa berkreasi untuk mendapatkan rasa yang anda inginkan. Selamat Mencoba :-)

                        Tips Memasak Takoyaki

                        1. Saat mencampur semua bahan adonan, cukup diaduk sampai rata agar adonan tidak terlalu mengembang sehingga mendapatkan bentuk ideal yang sebenarnya yaitu bulat sebesar bola pingpong.
                        2. Sebelum di tuangkan adonan, pastikan cetakan takoyaki benar - benar panas agar membentuk tekstur yang bagus.

                          Manfaat Kacang Tanah Pada Takoyaki

                          Ternyata banyak manfaat kacang tanah yang tidak ketahui sampai saat ini. Salah satunya bisa menurunkan kolestrol jahat dan menurunkan berat badan. Wah kenapa baru tahu sekarang yah? Pantesan saja bapak dan ibu saya suka ngemil kacang :D


                          Resep Manfaat Kacang Tanah
                           Ilustrasi Gambar Manfaat Kacang Tanah

                          • Membantu menurunkan kolestrol
                            Gizi yang terdapat dalam kacang memberikan sumber kekuatan untuk meningkatkan memori serta menurunkan dan mengontrol tingkat kolesterol. Selain membantu mengurangi kolesterol jahat, kacang juga bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik.
                          • Menurunkan berat badan
                            Wah, yang satu ini pasti banyak yang tak percaya deh. Mau tahu? Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang setidaknya dua kali dalam seminggu, sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan berat badan berlebih daripada mereka yang tidak pernah memakannya.
                          • Anti Depresan
                            Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin (salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati). Ketika depresi terjadi dalam benak kita, zat serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan sendiri dapat membantu meningkatkan efek anti depresan (serotonin) bila sejumlah serotonin ada peningkatan dalam darah.
                          • Meningkatkan kesuburan dalam masa kehamilan
                            Kacang mengandung jumlah asam folat yang baik. Lagi-lagi penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan, dapat mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang bersifat serius hingga 70%.
                          • Membantu mengatur kadar gula dalam darah
                            Seperempat cangkir kacang yang masuk ke dalam tubuh kita dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari berupa mangan dan mineral, yang sangat berperan besar dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

                          Resep Terkait Mengenai Resep Takoyaki Kacang Mudah dan Praktis


                          Terimakasih Telah Membaca Artikel Resep Cara Membuat Takoyaki Kacang Mudah dan Simple

                          Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Takoyaki Kacang Enak dan Mudah disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

                           Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
                          Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Takoyaki Kacang Enak dan Mudah
                          Gambar : ranniaszone.blogspot, eathealthylivefit.com, rakuten.com || Resep: kueresep.com

                          0 komentar:

                          Posting Komentar