Senin, 08 Desember 2014

Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos

Cara Membuat Ayam Goreng Tauco Maknyos - Seringkali anak biasanya tidak suka memakan tauco lho. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk membuat anak mencobanya? Bagaimana jika kita campurkan dengan ayam? Pastinya akan terasa lezat dan berbeda dari biasanya. Yuk, ikuti resepnya dibawah ini. Dijamin sang anak pasti memuji anda. Hehe :D


Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos
Ilustrasi Gambar Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos



Apa itu Tauco? Mengenal Asal Usul Mula Tauco

Tauco merupakan jenis bumbu makanan yang berbahan dasarnya menggunakan kacang kedelai. Tentunya proses pengolahannya sendiri dengan merebus, dihaluskan, dan diaduk dengan tepung terigu lalu dibiarkan sampai terjadinya proses fermentasi.

Fermentasi tauconya juga direndam dengan menggunakan air garam. Kemudian dijemur dengan terik matahari panas sampai aromanya keluar berbau khas tauco selama beberapa minggu. Rendamannya lama kelamaan akan berubah menjadi warna coklat kemerahan. Pada saat sela-sela proses pematangannya, rendamannya sering mengeluarkan bau menyengat seperti bau terasi atau ikan busuk.


Mengenal Asal Usul Mula Tauco
 Mengenal Asal Usul Mula Tauco


Beberapa produsen tauco tradisional mengatakan bahwa hasil rendaman tersebut biasanya diolah menjadi kecap. Sedangkan biji kedelainya diolah menjadi tauco. Wah ternyata banyak kegunaannya juga ya biji kedelai ini. Di setiap daerah, masing-masing memiliki keunikkan dan ciri khas tauconya sendiri.

Tauco sendiri sebenarnya dapat bertahan lebih lama asalkan diletakkan dalam tempat penyimpanan berkedap udara. Masyarakat Tiong Hoa sendiri menggunakan tauco sebagai menu lauk di setiap makanannya. Kadang bisa juga sebagai bumbu penyedap untuk memberikan cita rasa pada lauk pauk dan sayurnya.


Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos

  • Ayam 500 gr, dipotong-potong
  • 5 sendok makan tauco
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • Daun salam 2 lembar
  • 2 batang daun serai, memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu halus untuk ayam goreng tauco yang sederhana

  • Cabai hijau besar 6 buah
  • Cabai hijau keriting 3 buah
  • Cabai rawit hijau 4 buah
  • Cabai rawit merah 2 buah
  • bawang putih 2 siung
  • Terasi 1 sendok teh
 

Cara membuat ayam goreng tauco yang enak

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng ayam sampai berwarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak untuk menumis, tumis bumbu tumbuk pasar, serain daun salam dan tauco sampai harum  Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos
  4. Tambahkan ayam yang sudah digoreng, gula pasir dan garam, di aduk rata. Masak sampai bumbu meresap.
  5. Angkat, ayam goreng tauco siap disajikan. 

Tips Memilih Tauco Yang Baik Dan Benar

Ada baiknya kita memperhatikannya terlebih dahulu sebelum membelinya. Berikut ini tips yang akan membantu anda dalam memilih tauco yang baik dan benar. Semoga tips ini dapat membantu anda di dapur :-).


Tips Memilih Tauco Yang Baik Dan Benar
Tips Memilih Tauco Yang Baik Dan Benar


  • Tauco manis dan tauco super
    Biasanya jika kita beli di pasar tradisional, tauco ada dua jenis yaitu tauco manis dan tauco super. Keduanya dibuat dengan dari kedelai bermutu tinggi dan istimewa. Tauco manis tentunya cocok untuk jenis masakan yang manis. Namun apabila anda kurang begitu menyukai yang manis seperti saya, anda bisa membeli tauco super. Yang harus diperhatikan dari tauco super ini adalah anda tidak perlu menambahkan garam ke dalam masakan. Karena rasa tauco super ini sudah asin dari pembuatannya.
 
  • Pilih warna yang kecoklatan dan baunya yang khas
    Jika warnanya sudah berubah dan baunya sudah bukan seperti bau tauco yang segar, maka itu pertanda tauco tersebut tidak layak di konsumsi karena telah terkontaminasi dengan jamur. Selain itu cek tanggal kadaluwarsanya juga. 
 
  • Masukkan tauco lebih awal saat menumis
    Tumis tauco di awal dan tunggu sampai harum. Lalu masukkan bahan lainnya. Dengan begini masakan akan lebih lezat dan harum.
 
  • Simpan tauco di lemari pendingin
    Supaya tauco dapat berumur panjang, letakkan tauco pada wadah yang kedap udara dan dimasukkan ke lemari pendingin. Tauco dapat disimpan lebih lama karena kandungan garamnya sangat tinggi.

Resep Terkait Mengenai Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos


Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Ayam Goreng Tauco Maknyos

Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat  Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos Mudah dan Praktis disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Ayam Goreng Tauco Maknyos

0 komentar:

Posting Komentar