Rabu, 10 Desember 2014

Resep Dan Cara Membuat Lumpia Goreng Isi Tahu Ayam Yang Renyah

Resep dan Cara Membuat Lumpia Isi Tahu Ayam Enak Dan Gurih - Teringat rasa lumpia isi tahu ketika saya dalam perjalanan pulang membeli lumpia di pinggir jalan. Pas digigit rasanya enak banget dan tak kalah dari lumpia isi sayuran kebanyakan. Jadi ingin coba membuatnya sendiri. Tapi kali ini spesial lho lumpianya.

Selain bahan tahu yang murah meriah, saya tambahkan ayam cincang untuk melengkapi gizinya di dalam lumpia. Oh iya kalau kalian mau buat lumpia isi sayuran, bisa lihat resepnya di Resep Cara Membuat Lumpia Goreng Isi Sayuran.


Resep Dan Cara Membuat Lumpia Goreng Isi Tahu Ayam Yang Renyah
Ilustrasi Gambar Resep Lumpia Goreng Isi Tahu Ayam Enak Dan Mudah


Sejarah Asal Usul Mula Lumpia

Lumpia merupakan salah satu jajanan khas semarang yang berasal dari Tionghoa. Lumpia sendiri terbuat dari lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum yang akan digunakan sebagai pembungkus kulitnya. Isinya bervariasi, ada yang dari sayuran, ayam, tahu, rebung, daging, udang, dll. Namun tahukah kalian awal pembuatan lumpia dahulu menggunakan rebung dan daging babi?

Pada abad ke-19, Tjoa Thay Joe datang ke Indonesia datang ke Indonesia guna menetap di wilayah Semarang. Saat itu mencoba membuka bisnis pertamanya dengan membuka lumpia yang menggunakan isi rebung dan daging babi.


Sejarah Asal Usul Mula Lumpia
Sejarah Asal Usul Mula Lumpia
 

Seketika itu, Pak Tjoa bertemu dengan mbak wasih yang merupakan asli orang Jawa -Semarang  yang kebetulan lewat di depan warung Pak Tjoa. Saat itu mbak wasih juga berjualan lumpia yang mirip degan pak Tjoa. Namun bedanya mbak wasih menggunakan udang dan kentang.

Namun semakin lama pak Tjoa jatuh cinta dengan mbak wasih dan memutuskan untuk menikah. Tentu saja resep lumpia pun berubah. Mereka mencoba perpaduan cita rasa antara Jawa dengan Tionghoa. Diisinya dengan ayam atau udang yang dicampur dengan rebung sehingga menghasilkan kombinasi yang pas.

Rebungnya yang manis dan udangnya yang gurih ini mengantarkan usaha mereka sampai berjualan di Olympia Park dan pasar malam belanda. Kabarnya mereka membuka usaha disana dan tentunya usaha terus dilanjutkan oleh anak dan cucu mereka.


Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Lumpia Goreng Gulung Isi Tahu Ayam Praktis

  • 50 gram daun bawang (iris halus)
  • 250 gram tahu putih
  • 150 gram ayam cincang
  • 2 buah telur (kocok lepas)
  • Lada secukupnya
  • garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya Lumpia Goreng Isi Tahu Ayam Gurih dan Renyah

  1. Untuk bahan isi : Haluskan tahu di dalam satu wadah, lalu campurkan dengan ayam cincang ,daun bawang, lada dan garam. Aduk hingga semua bumbu merata.
  2. Kocok telur dengan garam, aduk rata dan sisihkan Resep Dan Cara Membuat Lumpia Goreng Isi Tahu Ayam Yang Renyah
  3. Siapkan kulit limpa, isi kulit lumpia dengan adonan tahu, lalu gulung. Rekatkan dengan kocokan telur.
  4. Panaskan minyak. Goreng lumpia dengan rendaman minyak sampai berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dengan saus atau mayonaise.
Ternyata cukup mudah dan praktis ya cara membuatnya. Cobain langsung di dapurmu sekarang juga :-)


Manfaat Dan Fungsi Tahu Untuk Kesehatan

Tahu yang merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional. Selain kita bisa mendapatkan manfaatnya, tahu ini juga bisa kita beli dengan harga yang relatif murah. Penasaran kan dengan manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.


Manfaat Dan Fungsi Tahu Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Fungsi Tahu Untuk Kesehatan

  • Mencegah terjadinya anemia
    Faktanya tahu dapat mengatasi anemia pada tubuh orang dewasa. Studi di Cina yang menyelidiki antara tahu dan anemia. Hasilnya, tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

  • Membantu menurunkan berat badan
    Tahu mempunyai protein yang cukup tinggi memberikan efek rasa kenyang pada perut kita. Sehingga perut dapat menekan rasa lapar yang lebih lama. Sangat cocok untuk anda yang ingin menjalankan program diet.

  • Memiliki sifat anti kanker
    Isoflavon yang terkandung didalam tahu ini dapat mengurangi resiko penyebab kanker. Sebuah penelitian tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi tahu dapat mengurangi kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Studi lain mengatakan dengan memakan tahu dapat mencegah kanker paru-paru pada wanita pacsa menopause.

  • Membantu metabolisme dan mengikis kolestrol
    Sumber lesitin dan asam linoleat sangat baik untuk tubuh kita. Kabarnya kedua zat ini dapat mengikis kolestrol yang tersimpan dalam tubuh dan membantu metabolisme darah.

  • Rendah kolestrol
    Kolestrol yang tinggi merupakan salah satu penyebab pemicu datangnya penyakit jantung yang berbahaya. Tahu yang masuk ke dalam tubuh kita akan menyerap minyak dan cairan lain yang sudah terakumulasi dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit sehingga tahu dengan mudah dapat mengurangi tingkat kolestrol dalam tubuh.

Resep Terkait Mengenai Resep Lumpia Goreng Isi Tahu Ayam

Terimakasih Telah Membaca Artikel Resep Cara Membuat Lumpia Goreng Gulung Isi Tahu Ayam Renyah

Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Lumpia Goreng Gulung Isi Tahu Ayam Yang Mudah Dibuat disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
Gambar : masterresepmasakan.com, bbcgoodfood.com, stanneswausau.org || Resep:masterresepmasakan.com

0 komentar:

Posting Komentar