Sabtu, 29 November 2014

Resep Bandeng Fillet Crispy Enak dan Gurih

Cara Membuat Resep Bandeng Fillet Crispy Enak dan Gurih - Waktu kemarin ibu saya membeli ikan bandeng dan beliau mencoba memasaknya dengan cara yang berbeda. Yang biasanya langsung digoreng begitu saja, nah ini dengan memfillet daging ikan bandeng tersebut, yang kemudian dibalut dengan tepung beras. Alhasil rasanya enak,gurih dan crispy banget.. nyummi. Bagaimana sih cara membuatnya? Simak yukk...


Resep Bandeng Fillet Krispi Enak dan Gurih
 Ilustrasi Gambar Bandeng Fillet Crispy


Sejarah Asal Usul Mula Ikan Bandeng

Ikan bandeng yang mempunyai nama latin "Chanos Chanos" ini cukup populer di Asia Tenggara. Ikan ini juga termasuk satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae. Dalam bahasa inggris, ikan ini dikenal sebagai "Milkfish", sedangkan diwilayah Makassar dan Bugis lebih dikenal sebagaii "Ikan Bolu".

Ikan bandeng disukai di Jepang karena rasa dagingnya yang netral, biasanya ikan laut mempunyai rasa yang asin karena hidup di laut. Namun ikan bandeng ini berbeda. Selain itu rasanya sangat gurih, dan tidak mudah hancur ketika ikan ini dimasak.

Akan tetapi ikan ini mempunyai kelemahannya seperti baunya yang kadang-kadang berbau lumpur dan dagingnya yang berduri. Jadi tak heran jika di Indonesia ikan bandeng ini belum banyak orang yang menggemarinya,


Sejarah Asal Usul Mula Ikan Bandeng
Sejarah Asal Usul Mula Ikan Bandeng


Ikan ini hidup di Samudera Pasifik dan Hindia. Mereka hidup berkelompok di sekitar pesisir dan pulau-pulau yang mempunyai terumbu koral. Ikan bandeng yang masih muda dan baru menetas, hidup di laut sekitar dua sampai tiga minggu.

Lalu mereka akan berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, kadang-kadang ditemukan di danau yang asin. Ketika sudah besar, ikan bandeng akan kembali ke tempat asalnya di laut dan berkembang biak.

Banyak orang Indonesia yang membudidayakan ikan bandeng ini. Biasanya di budidayakan di tambak-tambak. Ikan bandeng ini tumbuh dengan cepat karena untuk makannya tidak terlalu ribet dan mau diberi apa saja.

Setelah cukup besar sekitar 25 - 30 cm  bandeng dijual segar atau dibeku. Masyarakat kita biasa mengolah ikan bandeng ini dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, diasap, atau dipindang. Selera saya sih lebih enak dipindang karena durinya sudah tidak ada lagi. Bagaimana dengan selera anda?


Bahan yang diperlukan untuk membuat Bandeng Fillet Crispy Enak dan Gurih :

    • 1 ekor ikan bandeng besar
      • 100 gram tepung beras
        • 2 siung bawang putih
          • kunyit, jehe, ketumbar dan lengkuas secukupnya

            Cara membuat Resep Bandeng Fillet Crispy Mudah dan Cepat : 

            1. Bersihkan ikan bandeng dari sisiknya kemudian cuci sampai bersih, lalu bandeng di fillet sampai terpisah dari tulangnya. Potong-potong sesuai selera. Haluskan semua bumbu yaitu : bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar dan lengkuas.
            2. Masukkan bandeng fillet ke dalam bumbu yang telah dihaluskan diamkan sampai menyerap kira-kira 10 menitResep Bandeng Fillet Cispy Enak dan Gurih
            3. Jika bumbunya sudah menyerap, guling-gulingkan bandeng fillet ke dalam tepung beras yang sudah disiapkan.
            4. Lalu goreng bandeng fillet hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika sudah matang angkat dan sajikan.

            Mudah kaan?? bandeng fillet cripy ini bisa disandingkan untuk lauk Anda di saat Anda sedang makan.
            Selamat mencoba... 


            Tips Menfillet Ikan Bandeng

            • Ikan bandeng yang sudah dibersihkan sisiknya, disayat tipis-tipi mulai dari ekor sampai leher, tapi jangan sampai melebihi tulang utama yang di tengah. Balik, lakukan hal serupa disisi yang lain.
            • Filet ikan bandeng dari ujung ekor sampai leher sehingga terpisah dari tulangnya. Setelah itu, letakkan fillet ikan dengan posisi kulit di bawah. Sayat tipis dari ujung ekor sampai leher. Nah, dengan cara ini, kita benar-benar terbebas dari duri ikan bandeng. 
             
             

            Nutrisi Dan Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan

            Rasanya yang gurih dan tidak mengandung rasa asin ini menjadi salah satu favorit saya lho. Bagaimana dengan anda? Apakah sudah pernah memakan ikan bandeng ini? Jika belum, cobain deh ikan bandengnya. mmm.. yummy banget. Beberapa manfaat yang bisa anda rasakan dari ikan bandeng ini adalah


            Nutrisi Dan Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan
             Nutrisi Dan Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan

             
            Tahukah kalian, ikan bandeng mempunyai banyak asam lemak omega 3 yang khasiatnnya mempunyai sejuta manfaat. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung koroner. Lemak jenuh yang disebabkan oleh makanan-makanan yang tidak kita ketahui tentu menjadi penghalang pembuluh darah yang akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

            Selain itu ikan bandeng juga mempunyai tingkat kolestrol yang rendah, sehingga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan ikan ini juga sangat aman di konsumsi. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pendewasaan pada sistem saraf.

            Asam lemak omega 3 juga tidak jauh-jauh dari meningkatkan kecerdasan otak dan pertumbuhan perkembangan otak bayi. Disarankan untuk ibu hamil memakan ikan bandeng dalam bentuk fillet.

              Resep Terkait Mengenai Resep Bandeng Fillet Crispy Enak dan Gurih


              Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Bandeng Fillet Crispy Enak dan Gurih

              Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Bandeng Fillet Crispy Enak dan Gurih disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakn dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

              Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
              Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Bandeng Fillet Crispy Enak dan Gurih
              Gambar : mazi2.blogspot.com, yoyokpati02.blogspot, 21food.com || Resep:-

              0 komentar:

              Posting Komentar