Selasa, 06 Januari 2015

Resep Siomay Ikan Bandeng Enak dan Lezat

Cara Membuat Siomay Ikan Bandeng Mudah dan Sederhana. Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang sering diolah menjadi berbagai macam varian makanan yang menggoda selera. Selain mudah didapat, rasanya juga oke lhoo....

Menurut ahli gizi, ikan bandeng kaya akan omega-3 yang sangat bagus untuk kesehatan, seperti untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penggumpalan darah, mencegah penyakit jantung koroner, dan menurunkan kadar kolesterol. Memang sih, duri menjadi masalah klasik. Namun kalau sudah bersih, kamu pasti mau menyantapnya kaann?? ^_^


Resep Siomay Ikan Bandeng Enak dan Lezat
Ilustrasi Gambar Siomay Ikan Bandeng Enak


Siomay dari Bandung memang sangat terkenal. Umumnya siomay dibuat dari seafood, ayam, dan ikan. Nah kali ini, yang digunakan adalah ikan bandeng. Memang terdengar asing, tapi rasanya tidak kalah dengan yang sudah populer. Cara membuatnya juga tidak jauh beda. Duri-duri ikan dibersihkan terlebih dulu lalu digiling. Setelah ditambah dengan bumbu-bumbu lain, kamu bisa membuat siomay bandeng seperti jenis lain. Gampang kan? Coba bikin yuk!


Sejarah Asal Usul Mula Siomay

Makanan yang satu ini pasti sudah tahu asal mulanya dari negeri jauh, China. Disini saya akan ulak ulik lebih jauh lagi mengenai siomay, pastinya berguna untuk pengetahuan memasak kita ya. Hihihi.

Siomay yang termasuk jenis makan dim sum ini, dalam bahasa mandarin disebut shaomai. Sedangkan bahasa kantonnya disebut siu maai. Dahulu, makanan ini berasal dari Mongolia Dalam. Jika kita membuat kulit siomai, rasanya persis seperti kita memakan kulit pangsit.


Sejarah Asal Usul Mula Siomay
Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Usul Mula Siomay


Dalam resep masakan china, siomay biasanya diisi dengan cincangan daging babi yang dibungkus kulit tipis dari tepung terigu. Walaupun demikian, kini siomay sudah banyak variasi rasa seperti udang, ikan, daging sapi bahkan daging kepiting.

Siomay sendiri dibuat bentuk silinder dan biasanya diatas diberi hiasan seperti kacang polong, parutan wortel, atau irisan daging kepiting. Dan selanjutnya dikukus sampai matang, dan cara memakannya menggunakan cuka atau kecap asin.

Di Indonesia, siomay sudah tidak lagi dibungkus dengan menggunakan tepung terigu, melainkan menggunakan tepung sagu dicampur dengan tapioka. Variasi isinya tak jauh-jauh dari ikan tenggiri, udang, kepiting, daging sapi, dan daging ayam.

Nah yang bikin lezat lagi, setelah bhan siomay sudah dipotong-potong, biasanya disiram dengan saus kacang dan dicampur dengan kecap dan saos. Wah jadi ingin makan siomay :D.


Bahan yang diperlukan untuk membuat Resep Siomay Ikan Bandeng Enak dan Mudah :

  • 2 sdm tepung maizena 
  • 500 gram daging ikan bandeng , cincang hingga halus
  • 3 siung bawang putih , haluskan
  • 1 butir telur ayam organik , kocok lepas
  • ½ sdt garam 
  • ¼ sdt merica bubuk 

Bahan Kulit :
  • 2 sdt minyak sayur 
  • 50 gram tepung beras 
  • 50 gram tepung maizena 
  • ¼ sendok teh garam 
  • 100 ml air hangat 

Cara membuat Siomay Ikan Bandeng Mudah dan Enak :


  1. Pertama-tama masukkan semua bahan isi ke dalam wadah kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata dan sisihkanResep Siomay Ikan Bandeng Enak dan Lezat
  2. Campurkan semua bahan kulit, aduk sampai rata dan buat adonan dadar pada wajan datar anti lengket hingga semua adonan habis.
  3. Ambil 1 lembar kulit dadar, isi dengan bahan isi, tutup dan bentuk seperti bunga dengan bagian isi tampak dari atas.
  4. Selanjutnya kukus siomay dengan api sedang selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Setelah matang sajikan selagi hangat dengan saus kacang.


Dan yang ini untuk membuat Saus Kacang

Bahan yang diperlukan dalam membuat saus kacang :


  • 30 gram gula aren , rajang halus
  • 100 gram kacang tanah kupas , panggang dan haluskan
  • ½ sendok teh garam 
  • 250 ml santan cair , rebus hingga mendidih
  • 5 siung bawang putih , goreng dengan sedikit minyak sayur dan haluskan


Cara membuat saus kacang :


  1. Campurkan semua bahan lalu masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan meletup-letup menandakan bahwa saus sudah matang.
  2. Kemudian angkat dari api dan sajikan sebagai saus pelengkap.


Nah demikianlah cara membuat Siomay Ikan Bandeng beserta sausnya,,tidak sulit bukan? Silahkan Dicoba dan Selamat Menikmati hasilnya :-)


Manfaat Dan Nutrisi Ikan Bandeng Untuk Kesehatan

Protein di dalam ikan bandeng ini cukup tinggi dan kondisinya mudah dicerna dan baik untuk dikonsumsi di segala usia, guna menjaga dan memelihara kesehatan serta mencegah datangnya penyakit akibat kekurangan zar gizi mikro.

Saya menyukai ikan ini karena rasanya yang gurih, rasa dagingnya yang netral, tidak asin seperti ikan laut kebanyakkan. Jika dimasak ikan ini tidak mudah hancur lho. Nah berikut ini sedikit ulasan mengenai manfaatnya.


Nutrisi Dan Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan
Nutrisi Dan Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan


  • Menangkal penyakit jantung koroner
    Lemak jenuh merupakan salah satu penyebab tersumbatnya pembuluh darah yang bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner. Tentunya ikan bandeng ini merupakan ikan yang berkolestrol rendah. Jadi anda tak perlu ragu untuk memakan ikan ini.

  • Mengandung banyak asam lemak omega 3
    Adanya asam lemak omega 3 ini mencegah terjadinya penggumpalan keping -keping darah sehingga mengurangi resiko terjadinya arteriosklerosis serta mencegah penyakit jantung koroner.

  • Menurunkan kadar kolestrol
    Selain mencegah penyakit jantung koroner, juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta pendewasaan sistem saraf.

  • Meningkatkan kesehatan otak
    Hal ini dikarenakan berkat asam lemak omega 3 yang berperan dalam perkembangan otak bayi untuk potensial kecerdasannya. Namun rata-rata orang Indonesia masih belum menyukai ikan ini.


Resep Terkait Mengenai Resep Siomay Ikan Bandeng Enak dan Lezat

Terimakasih Telah Membaca Artikel Resep Cara Membuat Siomay Ikan Bandeng Lezat

Jika Anda menyukai Resep Cara Membuat Resep Siomay Ikan Bandeng Mudah dan Praktis disini silahkan Anda like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
Terimakasih telah berkunjung di artikel  Resep Siomay Ikan Bandeng Enak dan Lezat
  
Gambar :  kaskus, loexie.files.wordpress.com || Resep: lezatgrup.com

0 komentar:

Posting Komentar