Senin, 19 Januari 2015

Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk Dan Lembut

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat Yang Enak Dan Mudah - Ingin buat jajanan sehat? Ya kenapa tidak? Alangkah lebih baiknya jika kita membuatnya sendiri, karena tentunya dari pemilihan bahannya saja kita sudah tahu mana yang membuat sehat dan tidak sehat.

Ya karena sehat itu mahal bukan? Saya pun menyadarinya dimana saya harus sakit-sakitan selama beberapa bulan. Bukan maksud saya mengajak kalian semua untuk memilih-milih makanan lho ya. Tapi kita harus tahu, bahan yang digunakan apakah sehat atau tidak? Dan terakhir, sayangilah tubuh anda sebagaimana anda menjaga kesehatan.


Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk Dan Lembut
Ilustrasi Gambar Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk Dan Lembut


Sejarah Asal Usul Mula Roti Goreng

Roti Goreng ini merupakan jajanan khas tradisional Indonesia. Biasanya menjelang sore hari, roti ini dijajakan bersama dengan cakwe di pinggir jalan. Isi dari roti goreng pun bervariasi, ada yang menggunakan coklat, kacang hijau, bahkan tanpa isi. Rasanya gurih, empuk, dan padat. Tapi dibalik nama roti goreng ini, ada namanya unik juga lho. Hihihi.

Roti goreng ini mempunyai nama beragam yang cukup unik di setiap daerah. Di Jawa Barat, roti ini terkenal dengan nama "Roti Bantal" karena memang teksturnya lembut seperti bantal. Sedangkan di Jawa Tengah roti ini disebut "Roti Bolang Baling", uang lebih uniknya lagi di Jawa Timur roti ini dikenal dengan nama "Odading". Aneh bukan?


Sejarah Asal Usul Mula Roti Goreng
 Sejarah Asal Usul Mula Roti Goreng


Remy Sylado punya etimologi menarik yang bisa anda baca dibalik penamaan "Odading" pada roti tersebut. Kisahnya bermula pada masa zamannya penjajahan belanda, seorang anak belanda bermaksud ingin membeli makanan yang dijual oleh seorang pria di pinggir jalan. Lantas, anak tersebut menarik baju ibunya dan menunjuk-nunjuk makanan tersebut agar ibunya mau membelikan satu untuknya.

Kemudian ibu dari anak tersebut dan memanggil pria yang menjual makanan yang ditunjuk oleh anaknya. Setelah dibuka makanannya dari penutupnya, ia pun berkata, "Oh, Dat Ding." Mungkin juga bisa juga artinya "Oalah itu toh". Berawal dari perkataan ibu itulah yang menjadikan roti goreng ini terkenal dengan nama Odading. Menarik juga ya ceritanya?


Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Roti Goreng Isi Coklat Yang Empuk Dan Lezat


  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram margarin
  • 30 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 130 ml susu cair dingin

Bahan Isi
  • 50 ml susu cair
  • 150 gram coklat masak pekat (potong kecil-kecil)

Cara membuat isi coklat untuk roti goreng yang empuk dan enak

  1. Panaskan susu cair dan tambahkan coklat masak pekat, aduk rata hingga larut.
  2. Angkat dan dinginkan sejenak.

Cara membuat roti goreng isi coklat leleh spesial

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan ragi instan ke dalam satu wadah. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan susu cair dan telur ke dalam wadah yang berbeda sambil di aduk. Aduk merata. Kemudian masukkan adonan telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan garam dan margarin, ulenin adonan hingga menjadi kalis. Diamkan sebentar sampai kurang lebih 30 menit.
  4. Setelah 30 menit lamanya, kempiskan adonan dan ambil adonan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, setiap bagian beratnya 30 gram. Kemudian bentuk bulat adonan tersebut. Diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk Dan Lembut
  5. Lalu pipihkan adonan, beri isi coklat dan bentuk adonannya menjadi oval. Siapkan loyang dan beri taburan tepung terigu. Letakkan adonannya ke atas permukaan loyang. Diamkan selama 30 menit.
  6. Selagi menunggu, kalian bisa lakukan hal yang sama seperti no.5 untuk adonan yang masih tersisa sampai habis.
  7. Panaskan minyak dan goreng rotinya hingga berwarna kuning kecoklatan.
Siap disantap dengan teh manis! :D.


Manfaat Dan Fungsi Coklat Untuk Kesehatan

Hayo, siapa yang masih takut makan coklat? Jangan takut untuk memakan coklat, justru coklat mendatangkan banyak manfaat yang luar biasa. Namun, jika kalian mengonsumsi coklat terlalu berlebihan dapat mengakibatkan obesitas. Oleh karenanya, penggunaan coklat harus dibatasi ya.


Manfaat Dan Fungsi Coklat Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Fungsi Coklat Untuk Kesehatan

  • Mencegah melawan kanker
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan didalam coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker serta mengurangi peradangan. Ternyata bukan hanya anggur saja yang dapat melawan kanker ya.

  • Membantu menghilangkan stress
    Penelitian dari Universitas California, Sandiego mengatakan bahwa orang yang stress ringan hingga ke tingkat depresi, memakan coklat untuk meningkatkan mood mereka dan menghilangkan depresi. Hal ini dikarenakan coklat mempunyai serotonin yang dapat meningkatkan mood mereka.

  • Menurunkan tekanan darah
    Selain dapat meningkatkan mood, coklat juga dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Semakin mood anda dalam keadaan baik, maka semakin cepat turunnya tekanan darah anda.

  • Menangkal radikal bebas
    Coklat mempunyai antioksidan yang tinggi lho. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid sangat baik dalam proses antioksidan. Antioksidannya berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan datangnya berbagai penyakit.

  • Memperlambat penuaan diri
    Mengonsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi kulit dari keriput dan melindungi kulit dari terbakarnya sinar matahari. Hal ini dikarenakan kandungan coklatnya mampu menjaga kesehatan kulit dan berperan dalam mencegah penuaan diri.


Resep Terkait Mengenai Resep Roti Goreng Isi Coklat Enak Dan Lembut


Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Roti Goreng Manis Isi Coklat Spesial

Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Roti Goreng Coklat Yang Empuk Dan Mudah disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)
 Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Roti Goreng Coklat Enak Dan Mudah
Gambar : endlesssimmer.com, ciricara.com, alcovecafe.com || Resep: tersedap.blogspot,

0 komentar:

Posting Komentar